Friday, March 26, 2010

Japanese Cheese Cake

JAPANESE CHEESE CAKE

#copas dari cake fever.com #

Ingredients:
50 gr tepung terigu, ayak
50 gr tepung maizena, ayak
60 gr mentega tawar (unsalted butter)
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whipped cream (yang dairy, bentuknya cair)
3 kuning telur
1 butir telur
5 putih telur (jadi total make 6 butir telur)
2 sdt kulit jeruk lemon parut (jeruk lemon impor ya, yang kuning itu loh)
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon
Topping ingredients:
2 sdm selai apricot
2 sdm air


How-To:

• Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm, olesi dengan mentega pengoles loyang, atau bisa juga menggunakan loyang oval. Resep ini bisa jadi 2 loyang oval. Pengalamanku sebenarnya ndak perlu pakai loyang bongkar pasang, sebab walaupun lembut seperti kapas, tapi JCC ini cukup kokoh untuk dikeluarkan dari loyang dengan cara dibalik.
• Campur mentega, cream cheese dan whipcream dalam panci. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api. Lalu masukkan campuran tepung, aduk rata. Kemudian masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
• Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak). Lalu tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata.
• Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 60 menit dengan suhu 150C sampai permukaan matang berwarna kuning keemasan.
• Keluarkan dari oven. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang.Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake atau hias sesuai selera

Recipe: dari kursus cake di NCC

No comments:

Post a Comment